PENGARUH HARGA, PENDAPATAN, DAN HALAL AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK IMPOR PADA KONSUMEN PENGGUNA E-COMMERCE SOCIOLLA (STUDI PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

Rosalina Noor Rizky

Abstract


Kemajuan teknologi mempengaruhi sistem ekonomi di bidang perdangangan dan perindustrian salah satunya yaitu dengan adanya sistem ekonomi digital seperti e-commerce dan e-bussines.perubahan sistem ekonomi memberikan dampak semakin bergamnya barang impor yang masuk ke indonesia salah satunya adalah kosmetik. Namun, tidak semua produk kosmetik impor terjamin kehalalalnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tingkat kesadaran halal (halal awareness) dalam memutuskan untuk membeli kosmetik impor di e-commerce Sociolla. Selain faktor halal awareness, faktor yang lain yang berperan penting dalam menentukan keputusan pembelian pada produk kosmetik impor di ecommerce Sociolla yaitu faktor harga dan pendapatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Data yang diperoleh merupakan data primer yang bersumber dari hasil kuisioner yang sudah disebarkan kepada responden yaitu 100 orang mahasiswa aktif Universitas Brawijaya. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel harga, pendapatan, dan halal awareness terhadap keputusan pembelian produk kosmetik impor pada e-commerce Sociolla. Berdasarkan hasil dari analisis regresi logistik dengan menggunakan program SPSS 21, menunjukkan bahwa secara serentak maupun parsial variabel bebas dalam penelitian ini (harga, pendapatan, dan halal awareness) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk kosmetik impor pada e-commerce Sociolla.

Kata kunci: Harga, pendapatan, halal awareness, keputusan pembelian, Sociolla.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.