ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN QSPM (STUDI KASUS PADA V MANAGEMENT DEPOK)

Trivena Stefani

Abstract


Persaingan dalam dunia bisnis mengharuskan seorang wirausaha untuk terus berpikir kreatif, inovatif serta menjadi lebih unggul dibanding kompetitor lainnya. Kemampuan perusahaan untuk unggul melawan kompetitor akan menentukan keberhasilan serta keberlanjutan perusahaan tersebut. V Management memerlukan manajemen strategi yang baik dalam pengembangan bisnisnya. Perumusan strategi yang sesuai untuk V Management dilakukan melalui tiga tahap, tahap pertama adalah tahap input/masukan menggunakan matriks EFE (External Factor Evaluation) dan matriks IFE (Internal Factor Evaluation). Tahap kedua adalah tahap pencocokan menggunakan SWOT matrix dan Internal-External (IE) matrix. Tahap ketiga adalah tahap keputusan (decision stage) menggunakan matrix Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Pada tahap pencocokan, strategi yang direkomendasikan melalui SWOT matrix adalah dengan memasarkan V Management di wilayah Depok secara lebih maksimal melalui social media dan website perusahaan. Pada analisis dengan menggunakan matrix IE, alternatif strategi direkomendasikan adalah strategi penetrasi pasar dan/atau pengembangan produk. Pada tahap keputusan dengan QSPM matrix kedua alternatif strategi tersebut dipilih bobotnya yang paling tinggi, yaitu memasarkan V Management di wilayah Depok secara lebih maksimal melalui social media dan website perusahaan, dengan hasil total attractiveness score sebesar 5,42. Melalui rekomendasi strategi bisnis yang ada, diharapkan perusahaan mampu bertahan dan mengembangkan bisnisnya secara berkelanjutan.

Kata Kunci: strategi bisnis, IFE matrix, EFE matrix, SWOT, QSPM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.