PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA PRODUK TABUNGAN BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG SOEKARNO HATTA MALANG
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung pada produk tabungan Bank Syariah Mandiri (BSM) PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Soekarno Hatta Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan atau membuktikan hubungan atau pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan ukuran sampel sebesar 96 responden. Responden yang dipilih adalah nasabah yang aktif menabung di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Soekarno Hatta Malang dan pernah melihat iklan PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Soekarno Hatta Malang serta sudah menjadi nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Soekarno Hatta Malang lebih dari satu tahun. Responden yang dipilih adalah nasabah yang aktif menabung. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS ver. 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, (2) variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, (3) variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Menabung
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).