PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG PADA PRODUK TABUNGAN BANK SYARIAH MANDIRI (BSM) PT. BANK SYARIAH MANDIRI KANTOR CABANG SOEKARNO HATTA MALANG

Authors

  • Anwar Maarif Fatah

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menabung pada produk tabungan Bank Syariah Mandiri (BSM) PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Soekarno Hatta Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan atau membuktikan hubungan atau pengaruh antar variabel melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan ukuran sampel sebesar 96 responden. Responden yang dipilih adalah nasabah yang aktif menabung di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Soekarno Hatta Malang dan pernah melihat iklan PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Soekarno Hatta Malang serta sudah menjadi nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Soekarno Hatta Malang lebih dari satu tahun. Responden yang dipilih adalah nasabah yang aktif menabung. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS ver. 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, (2) variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung, (3) variabel promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menabung.

Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Menabung

Downloads

Published

2021-01-14

Issue

Section

S1 MANAJEMEN