THE INFLUENCE OF PERCEPTION AND SOCIALIZATION OF SAK EMKM ON THE IMPLEMENTATION OF FINANCIAL ACCOUNTING STANDARD FOR MSME IN MALANG

Haryo Wahyuaji Nugroho

Abstract


Tujuan SAK EMKM adalah sebagai acuan dalam penyusunan laporan keuangan yang memuat informasi dan kinerja keuangan. Jika UMKM menerapkan SAK EMKM dalam laporan keuangannya, maka akan meningkatkan keandalan laporan keuangannya. Informasi tersebut berguna bagi kreditor dan investor dalam pengambilan keputusan serta pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik usaha. Studi ini menguji pengaruh persepsi pelaku UMKM dan sosialisasi SAK EMKM terhadap penerapan SAK EMKM. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel yang mudah (convenience sampling), 50 UMKM di Malang. Data penelitian ini dikumpulkan dari kuesioner yang disebarkan dan diolah menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi pelaku UMKM dan sosialisasi SAK EMKM berpengaruh signifikan terhadap penerapan SAK EMKM.

Kata kunci: Persepsi, Sosialisasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah, SAK
EMKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.