ANALISIS PERMINTAAN KOMODITI EKONOMI KREATIF KOTA MALANG KASUS PADA USAHA MUSLIM WEDDING

Kiky Widyasari

Abstract


Ekonomi Kreatif merupakan penciptaan nilai tambah berbasis ide yang lahir dari kreativitas sumber daya manusia dan berbasis ilmu pengetahuan. Salah satu tujuan ekonomi kreatif adalah untuk bertahan hidup (sustainable) dari persaingan bisnis. Dewasa ini, perkembangan industri wedding tidak terlepas dari permintaan yang terjadi oleh calon pengantin. Hal ini terbukti secara perlahan bahwa industri ini telah menciptakan ekosistemnya sendiri dengan berbagai macam kebutuhan perlengkapan/vendor. Di Kota Malang terdapat beberapa perusahaan jasa yang bergerak di bidang usaha muslim wedding organizer. Perusahaan muslim wedding organizer berusaha mewujudkan komitmen tersebut dengan menerapkan praktik kerja terbaik secara efektif dan efisien, memberdayakan masyarakat sekitar, mengembangkan berbagai seni dekorasi dan senantiasa melakukan perbaikan secara berkelanjutan. Pada penelitian ini, tujuan yang ingin dicapai adalah ingin mengetahui kondisi pasar usaha ekonomi kreatif usaha muslim wedding organizer di Kota Malang dan ingin menganalisis pengaruh usaha ekonomi kreatif terhadap pasar usaha muslim wedding organizer di Kota Malang. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa faktor jenis kelamin, usia, lama pendidikan, pendapatan dan keputusan responden berpengaruh terhadap ketertarikan konsumen pada usaha muslim wedding, sedangkan untuk faktor pekerjaan dan kondisi lingkungan tidak berpengaruh terhadap ketertarikan konsumen pada usaha muslim wedding.

Kata Kunci: ekonomi kreatif, wedding organizer, muslim wedding.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.