SENTIMENT ANALYSIS ON TOURISM: AN INVESTIGATION ON IJEN CRATER COMPETITIVENESS

Ramado Dipradelana Isdianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan daya saing Kawah Ijen berdasarkan feedback (3A) di TripAdvisor. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi deskriptif. Sentimen adalah poin utama dari penelitian ini, kemudian data yang telah diperoleh dianalisis dan dideskripsikan oleh penulis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Umpan balik disimpan dan dianalisis dalam file Excel. Penulis mengambil sampel data dengan kriteria umpan balik dari turis mancanegara dalam kisaran 2017 hingga 2019. Analisis dimulai dengan berfokus pada ulasan terlebih dahulu. Kategorisasi terdiri dari infrastruktur, transportasi, akomodasi, fasilitas, titik minat, perhotelan, harga, dan kebersihan. Kategori ini adalah bagian dari 3A (Accessibility, Amenities, dan Attractions). Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa kondisi Kawah Ijen berdasarkan umpan balik pengunjung mancanegara TripAdvisor menunjukkan bahwa daya saing Kawah Ijen kuat dan tidak tertinggal dibandingkan destinasi superprioritas Indonesia.

Kata Kunci: Analisis Sentimen, Pariwisata, Daya Saing, TripAdvisor


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.