PENGARUH KEYAKINAN, LOKASI, TARIF DAN PELAYANAN TERHADAP PREFERENSI NASABAH DALAM MEMILIH PRODUK PEGADAIAN SEGMEN SYARIAH (Studi Pada Nasabah Pegadaian Syariah Kota Tangerang Selatan)

Reza Aditya Nugroho

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia. Dengan banyaknya penduduk Muslim menjadikan Indonesia berpotensi menjadi pangsa pasar bagi lembaga keuangan syariah yang sangat besar. Namun potensi tersebut belum terlihat pada produk pegadaian segmen syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh keyakinan (X1), lokasi (X2), tarif (X3), dan pelayanan (X4) terhadap preferensi nasabah dalam memilih produk pegadaian segmen syariah (Y). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Data primer diambil melalui kuisioner dan wawancara. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 50 nasabah yang menggunakan produk pegadaian segmen syariah. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel keyakinan (X1) berpengaruh terhadap preferensi nasabah, hal ini menunjukkan nasabah memilih produk pegadaian segmen syariah karena memprioritaskan kehalalan bersama dengan variabel lokasi (X2). Artinya responden yang menghendaki produk yang sesuai prinsip syariah dan lokasi kantor yang strategis dan mudah ditemui cenderung memilih produk pegadaian segmen syariah. Sedangkan untuk variabel tarif (X3) dan pelayanan (X4) tidak berpengaruh terhadap preferensi nasabah. Hal ini dikarenakan nasabah yang kurang memperhatikan tarif dan pelayanan yang ada di pegadaian syariah.

Kata Kunci: produk pegadaian segmen syariah, preferensi nasabah, keyakinan, lokasi, tarif, dan pelayanan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.