STUDI KOMPARATIF PENGUNGKAPAN KINERJA KEBERLANJUTAN PERUSAHAAN INDUSTRI PUPUK DI INDONESIA BERDASARKAN GLOBAL REPORTING INITIATIVE (GRI) INDEX (Analisis Pada Laporan Keberlanjutan PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, dan PT Petrokimia Gresik Periode 2017-2018)

Annisa Zulfaa Puspitarini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan membandingkan kualitas pengungkapan kinerja keberlanjutan PT Pupuk Kalimantan Timur (KALTIM), PT Sriwidjaja Palembang (PUSRI), dan PT Petrokimia Gresik (PG) berdasarkan Standar GRI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan paradigma interpretif yang menggunakan metode studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keberlanjutan perusahaan periode 2017 dan 2018 yang telah disusun sesuai Standar GRI yang berlaku saat ini. Kinerja Keberlanjutan dinilai dengan membangun formula menggunakan indeks GRI, dan dianalisis dengan teknik content analysis. Analisis ini dilakukan pada setiap topik pengungkapan GRI pada laporan keberlanjutan perusahaan dengan menggunakan pendekatan scoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat persentase pelaporan pada Aspek Ekonomi KALTIM adalah 94% dan 93%. Tingkat persentase pelaporan PUSRI adalah 67% dan 71%. Tingkat persentase pelaporan PG adalah 75% dan 70%. Pada Aspek Lingkungan, tingkat persentase pelaporan KALTIM adalah 94% di kedua periode. Tingkat persentase pelaporan PUSRI adalah 67% dan 69%. Tingkat persentase pelaporan PG adalah 70% dan 67%. Pada Aspek Sosial, tingkat persentase pelaporan KALTIM adalah 94% dan 92%. Tingkat persentase pelaporan PUSRI adalah 68% dan 67%. Tingkat persentase pelaporan PG adalah 69% dan 68%. Pada ketiga aspek, tingkat persentase pelaporan KALTIM adalah 94% dan 93%. Tingkat persentase pelaporan PUSRI adalah 68% dan 69%. Tingkat persentase pelaporan PG adalah 70% dan 68%. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pengungkapan kinerja keberlanjutan KALTIM sangat informatif. Sedangkan kualitas pengungkapan kinerja keberlanjutan PUSRI dan PG dinilai informatif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pertimbangan dalam pembuatan kebijakan perusahaan agar lebih meningkatkan tanggung jawab dan kepeduliannya terhadap lingkungan dan sosial serta sebagai informasi kepada perusahaan tentang pentingnya pengungkapan kinerja keberlanjutan.

Kata Kunci: Kinerja Keberlanjutan, Pengungkapan, Laporan Keberlanjutan, Standar GRI, PT Pupuk Kalimantan Timur, PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, PT Petrokimia Gresik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.