PENGARUH NILAI HARGA, ULASAN, KEMUDAHAN, KEAMANAN, DAN RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE DI SHOPEE

Dika Aghfas Sari Ramadhani

Abstract


Pesatnya perkembangan teknologi masa kini membuat internet menjadi semakin canggih dan terus mengalami perkembangan. Salah satunya ditandai dengan pertumbuhan e-commerce yang sedang mengalami peningkatan secara signifikan. Hal ini mengindikasikan bahwa masyarakat mulai berpindah dari berbelanja offline menjadi berbelanja secara online. Salah satu jenis e-commerce yang sedang berkembang pesat di Indonesia adalah online marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh antara nilai harga, ulasan, kemudahan, keamanan, dan rating terhadap keputusan pembelian terhadap salah satu marketplace di Indonesia yaitu Shopee. Populasi penelitian dilakukan terhadap mahasiswa Diploma dan Strata Satu yang tersebar di seluruh Kota Malang. Teknik penentuan sample pada penelitian ini menggunakan accidental sampling dan didapat 260 responden sebagai sample penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan taraf signifikansi sebesar 5% yang mana sebelumnya dilakukan uji 2 asumsi klasik, uji statisitik t, uji statistik f, dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif terhadap variabel dependen.

Kata kunci: Nilai Harga, Ulasan, Kemudahan, Keamanan, Rating.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.