ANALISIS PENGARUH FAKTOR DETERMINAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS (Studi Pada Perusahaan Food And Beverage Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2013 – 2017)

Inayah Tri Cahyanti

Abstract


Industri makanan dan minuman adalah penopang perekonomian domestik di tengah tidak stabilnya perekonomian Indonesia. Dalam mempertahankan laba, manajemen perusahaan perlu memperhatikan kondisi ekonomi mikro dan ekonomi makro yang akan menyebabkan perusahaan mengalami kesulitan keuangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor determinan yaitu Suku Bunga, Inflasi, Nilai Tukar, Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, Arus Kas, Kepemilikan Institusional terhadap kemungkinan Finansial Distress dengan analisis Altaman Z-Score. Penelitian ini menggunakan data dari tahun 2013 hingga tahun 2017 dengan sampel perusahaan sebanyak 14 perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa suku bunga, inflasi, nilai tukar, return on assets, arus kas, curent ratio, debt to assets rasio, dan struktur kepemilikan institusional berpengaruh terhadap finansial distress.

Kata kunci: Suku Bunga, Inflasi, Nilai Tukar, Return on Assets, Arus Kas, Current Rasio, Struktur Kepemilikan Institusional, Finansial Distress


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.