PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI PEMODERASI (Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018)

Lyris Meryl Dianthe

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kinerja perusahaan yang dibagi menjadi kinerja keuangan dan kinerja pasar dengan Good Corporate Governance (GCG) sebagai variabel moderasi. Penentuan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik sampling dengan menggunakan pertimbangan dan batasan tertentu sehingga sampel yang dipilih relevan dengan tujuan penelitian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan peserta Corporate Governance Perception Index (CGPI) dari tahun 2014-2018 dengan total observasi sebesar 40. Peneliti menggunakan Teknik moderating regression analysis untuk menguji data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CSR berpengaruh positif sginifikan terhadap kinerja keuangan (ROA) dan kinerja pasar (EPS). Hasil selanjutnya yaitu menunjukkan bahwa GCG sebagai variabel moderasi memperlemah hubungan CSR terhadap kinerja perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan, Kinerja Pasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.