ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS PADA COFFEE SHOP GARTENHAUS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KERANGKA KERJA EMPAT LANGKAH BLUE OCEAN STRATEGY

Randika Arifianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menyusun strategi pengembangan bisnis Coffee Shop Gartenhaus menggunakan business model canvas melalui pendekatan blue ocean strategy. Jenis penelitian ini adalah deskriptif pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari analisis diketahui bahwa pada sudut pandang biaya, blok key partnership bisa melakukan kerja sama baru dengan pengrajin kayu, pada blok key activites menambah unit baru yaitu penyewaan working space indoor, pada blok Key Partenership bisa bermitra mitra dengan pembuatan keramik (gelas dan piring) dengan tema Coffee Shop Gartenhaus. Pada sudut pandang pelanggan, blok Customer Relationship bisa mengadakan Coffee fest sebagai Loyalty program, pada blok Customer Segments menjadi seluruh penduduk Kota Malang, blok Revenue Streams berupa penjualan gelas dan mug. Sudut pandang proporsi nilai, Gartenhaus menjadi tempat yang kondusif bagi siapapun dan lingkungan kondusif serta Coffee training lab untuk menambah minat konsumen pada olahan minuman kopi.

Kata Kunci: Analisis Strategi, Business model canvas, Blue ocean strategy, Kerangka kerja empat langkah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.