Pengaruh Integrated Marketing Communication terhadap Brand Equity melalui Advanced Information, Communication, and Technology sebagai Variabel Intervening (Studi pada Nasabah BCA yang menggunakan E-Banking)

Pandhita Hamzah Sasadhara

Abstract


Penulisan penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh integrated marketing communication terhadap brand equity melalui advanced information,communication,and technology sebagai variable intervening pada Nasabah Bank BCA yang menggunakan E-Banking. Jenis penelitian ini adalah explanaratory research yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel variabelnya melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden nasabah Bank BCA yang menggunakan E-Banking. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan menggunakan analisis sobel untuk uji hipotesis interveningnya. Analisis data menggunakan metode Partial Least Squares (PLS) dengan metode bootstrapping dan dibantu oleh software Smart PLS 3.0 untuk memudahkan penelitian. Dari hasil pengujian terhadap ketiga hipotesis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa variabel integrated marketing communication berpengaruh positif terhadap brand equity nasabah bank bca yang menggunakan e-banking sebesar 4,7692. Variabel integrated marketing communication berpengaruh positif terhadap advanced ICT nasabah bank bca yang menggunakan e-banking sebesar 8,988. Variabel advanced ICT berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand equity nasabah bank bca yang menggunakan e-banking sebesar 4,4666. Variabel advanced ICT memediasi hubungan antara integrated marketing communication dan advanced ICT sebesar 3.980. Kemudian dilihat dari nilai R Square advanced ICT menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antar variabel sebesar 0.5134 yang berarti bahwa variabel advanced ICT dapat dipengaruhi oleh variable integrated marketing communication terhadap nasabah bank bca yang menggunakan e-banking sebesar 51,34% sedangkan sisanya 48,66% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penilitian ini. Nilai R Square brand equity menunjukkan bahwa besarnya pengaruh antar variabel sebesar 0.5727 yang berarti bahwa variabel brand equity dapat dipengaruhi oleh variabel integrated marketing communication dan advanced ICT terhadap nasabah bank bca yang menggunakan e-banking sebesar 57,27% sedangkan sisanya 42,73% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak di teliti dalam penilitian ini.

Kata Kunci : Integrated Marketing Communication, Brand Equity, Advanced ICT


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.