PENGARUH MANAJEMEN MODAL KERJA TERHADAP PROFITABILITAS (STUDI PADA PERUSAHAAN SEMEN YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA)

Alfeus Putra Hersandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modal kerja perusahaan terhadap profitabilitas. Variabel independen dalam penelitian adalah siklus konversi kas, periode penangguhan hutang, periode penerimaan rata-rata piutang dan periode konversi persediaan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas yang diukur dengan Return on Asset (ROA). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan atau pengaruh antar variabel. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 6 perusahaan sub sektor semen dan pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan perusahaan sub sektor semen dari BEI periode 2016-2019. Analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan uji parsial yang menunjukkan hasil bahwa siklus konversi kas dan siklus konversi persediaan berpengaruh signifikan dengan arah positif terhadap profitabilitas, periode penerimaan rata-rata piutang dan periode penangguhan hutang berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap profitabilitas.

Kata Kunci: Profitabilitas, Siklus Konversi Kas, Periode Penangguhan Hutang, Periode Penerimaan Rata-Rata Piutang, Periode Konversi Persediaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.