Pengaruh Persepsi Nilai Pelanggan dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Layanan Premium Aplikasi Streaming Musik Spotify (Studi pada Mahasiswa Kota Malang)

Authors

  • Satrio Bagus Wicaksono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi nilai pelanggan dan potongan harga terhadap keputusan pembelian layanan premium pada aplikasi Spotify. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori yang menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Teknik pemilihan sampel menggunakan non-probability sampling dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 131 responden. Responden tersebut adalah individu yang berusia di atas 17 tahun, mahasiswa Kota Malang, dan pernah melakukan pembelian layanan premium pada aplikasi Spotify. Uji hipotesis dilakukan dengan melihat nilai probabilitas dan t statistik. Analisis data menggunakan SPSS versi 20. Kesimpulan atas hasil pengujian yaitu variabel persepsi nilai pelanggan dan potongan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian layanan premium aplikasi Spotify, dengan variabel persepsi nilai pelanggan sebagai variabel yang dominan.

Kata kunci: persepsi nilai pelanggan, potongan harga, keputusan pembelian, layanan premium, Spotify, SPSS

Downloads

Published

2020-12-21

Issue

Section

S1 MANAJEMEN