Pengaruh Persepsi Nilai Pelanggan dan Potongan Harga terhadap Keputusan Pembelian Layanan Premium Aplikasi Streaming Musik Spotify (Studi pada Mahasiswa Kota Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi nilai pelanggan dan potongan harga terhadap keputusan pembelian layanan premium pada aplikasi Spotify. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanatori yang menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Teknik pemilihan sampel menggunakan non-probability sampling dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 131 responden. Responden tersebut adalah individu yang berusia di atas 17 tahun, mahasiswa Kota Malang, dan pernah melakukan pembelian layanan premium pada aplikasi Spotify. Uji hipotesis dilakukan dengan melihat nilai probabilitas dan t statistik. Analisis data menggunakan SPSS versi 20. Kesimpulan atas hasil pengujian yaitu variabel persepsi nilai pelanggan dan potongan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian layanan premium aplikasi Spotify, dengan variabel persepsi nilai pelanggan sebagai variabel yang dominan.
Kata kunci: persepsi nilai pelanggan, potongan harga, keputusan pembelian, layanan premium, Spotify, SPSS
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).