FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN WAJIB PAJAK (Studi Kasus Pada Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Yang Terdaftar Di KPP Pratama Kota Batu)

Ari Pradhana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tarif pajak, sanksi perpajakan, pemahaman perpajakan, dan kinerja account representative terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Batu. Objek penelitian ini adalah Wajib Pajak UMKM yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Sebanyak 106 data berhasil dikumpulkan menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan aplikasi SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa tarif pajak tidak berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Batu, sedangkan sanksi perpajakan, pemahaman perpajakan, dan kinerja account representative berpengaruh positif terhadap kepatuhan Wajib Pajak UMKM di Kota Batu.

Kata Kunci: Tarif Pajak, Sanksi Perpajakan, Pemahaman Perpajakan, Kinerja Account Representative, Kepatuhan Wajib Pajak, Wajib Pajak UMKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.