PENGARUH SALES PROMOTION, VISUAL MERCHANDISING DAN HEDONIC SHOPPING MOTIVATION TERHADAP IMPULSE BUYING PADA APLIKASI SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa/i di Malang Pengguna Aplikasi Shopee)

Salma Adilah Irfandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh sales promotion, visual merchandising, dan hedonic shopping motivation terhadap impulse buying pada mahasiswa pengguna aplikasi Shopee di Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik mahasiswa yang sedang menempuh studi di Kota Malang dan pernah melakukan transaksi di Shopee minimal satu kali. Analisis data yang dilakukan adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sales promotion dan hedonic shopping motivation memiliki pengaruh yang signifikan terhadap impulse buying. Sementara variabel visual merchadising tidak berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa/i di Malang dalam melakukan pembelian impulsif di aplikasi Shopee dipengaruhi oleh sales promotion dan hedonic shopping motivation.

Kata Kunci : sales promotion, visual merchandising, hedonic shopping motivation, impulse buying.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.