PENGARUH PEMBERIAN DISKON TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN YANG DIMEDIASI BRAND REPUTATION DAN BRAND IMAGE (STUDI PADA KONSUMEN SHOPEE)

Muhammad Rinno Rahmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pemberian diskon terhadap loyalitas konsumen yang dimediasi brand reputation dan brand image (studi pada konsumen Shopee). Populasi yang dituju pada penelitian ini adalah pengguna aplikasi Shopee yang berdomisili di Kota Malang dan telah menggunakan aplikasi tersebut selama lebih dari satu tahun. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Metode analisis untuk mengolah data kuesioner yaitu Structural Equation Model (SEM) melalui program Partial Least Square (Smart-PLS) versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemberian diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand reputation, (2) Pemberian diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image, (3) Pemberian diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen, (4) brand reputation berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen,(5) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, (6) pemberian Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas konsumen dengan brand reputation sebagai mediasi, dan (7) pemberian Diskon berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas konsumen dengan brand image sebagai mediasi. Sebagai saran bagi Shopee untuk meningkatkan program pemberian diskon seperti penawaran diskon mingguan dan bulanan, diskon ketika mendaftar atau mensubscribe aplikasi shopee atau diskon yang memiliki tema khusus seperti diskon khusus produk otomotif setiap hari tertentu. Hal tersebut akan lebih memperbesar reputasi dan meningkatkan citra merek shopee di mata konsumen sehingga loyalitas konsumen dapat meningkat.

Kata Kunci: Pemberian Diskon, Brand Reputation, Brand Image, Loyalitas Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.