PENGARUH HUBUNGAN PARASOSIAL, KREDIBILITAS INFLUENCER, DAN KREDIBILITAS MEREK TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK ENDORSEMENT DALAM INSTAGRAM (STUDI PADA MAHASISWA/I S1 UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG)

Khemal Thareq Putra Taruna

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh variabel hubungan parasosial, kredibilitas influencer, dan kredibilitas merek terhadap purchase intention pada produk endorsement dalam Instagram. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan explanatory research yang menjelaskan hubungan tiap variabel yang diteliti. Sampel yang digunakan berjumlah 140 orang yang merupakan Mahasiswa/i S1 Aktif Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan Instagram dan mengikuti satu atau lebih influencer di dalamnya. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang kemudian datanya diolah menggunakan IBM SPSS Statistics ver. 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hubungan parasosial dan kredibilitas influencer secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap purchase intention, sementara variabel kredibilitas merek secara parsial berpengaruh signifikan negatif terhadap purchase intention pada produk endorsement dalam Instagram.

Kata Kunci: Hubungan Parasosial, Kredibilitas Influencer, Kredibilitas Merek, Purchase Intention


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.