Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Reputation, dan Customer Satisfaction Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017)

Abdillah Mursyid Ainur Rohman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Reputation, dan Customer Satisfaction Terhadap Nilai Perusahaan. Price Book Value (PBV) sebagai proksi dari variabel nilai perusahaan, Standar GRI sebagai proksi dari variabel CSR, Corporate Image Indexs (CII) sebagai proksi dari variabel corporate reputation dan Indonesia Customer Satisfaction Indexs (ICSA) sebagai proksi dari variabel customer satisfaction. Jenis penelitian yang digunakan tergolong dalam penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari website resmi BEI dan website resmi perusahaan sampel. Penentuan sampel yang digunakan dilakukan dengan metode purposive sampling yang berdasarkan (menggunakan) pendekatan Judgment Sampling dengan jumlah sampel yang diamati sebanyak 20 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, CSR tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Corporate reputation berpengaruh signifikan dan negatif terhadap nilai perusahaan. Customer satisfaction berpengaruh signifikan dan positif terhadap nilai perusahaan.

Kata Kunci: Corporate Social Responsibility (CSR), Corporate Reputation, dan
Customer Satisfaction, Nilai Perusahaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.