ANALISIS PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAN PENGELUARAN PEMERINTAH TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (STUDI PADA SELURUH PROVINSI DI INDONESIA TAHUN 2015 – 2018)

Rifa Maulidya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh PDRB, Dana Desa, Belanja Daerah sektor Pendidikan dan Belanja Daerah sektor Kesehatan terhadap Indeks Pembangunan Manusia di seluruh Provinsi di Indonesia Tahun 2015 – 2018. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang didapat dari instansi terkait. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi data panel melalui Eviews 9 dengan menggunakan koefisien estimasi PCSE (Panel Corrected Standard Errors) dan pendekatan Random Effect Model untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil estimasi menunjukkan bahwa PDRB dan Dana Desa berpengaruh positif dan signifikan terhadap Indeks Pembangunan di Indonesia tahun 2015 - 2018. Selanjutnya, variabel Belanja Daerah sektor Pendidikan tidak berpengaruh terhadap IPM di Indonesia, sedangkan Belanja Daerah sektor Kesehatan berpengaruh negative terhadap IPM di Indonesia selama periode penelitian.

Kata Kunci: Indeks Pembangunan Manusia, PDRB, Dana Desa, Belanja Daerah sektor Pendidikan, Belanja Daerah Sektor Kesehatan, PCSE


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.