Pengaruh Perceived Value, Brand Experience, dan Brand Trust Terhadap Brand Loyalty (Studi pada Pengguna Spotify Premium)
Abstract
Lingkungan persaingan bisnis yang tinggi dalam industri aplikasi streaming musik menyebabkan kesuksesan perusahaan bergantung pada kemampuannya untuk menciptakan Brand Loyalty. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Value, Brand Experience, dan Brand Trust terhadap Brand Loyalty pada pengguna Spotify Premium. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research. Jenis pengambilan sampel yaitu secara non-probabilitas dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel terdiri atas 200 pengguna Spotify Premium sebagai responden. Data yang digunakan adalah data primer yang berasal dari kuesioner dengan menggunakan Skala Likert lima poin. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan software IBM SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perceived Value dan Brand Trust berpengaruh secara signifikan terhadap Brand Loyalty. Sementara, Brand Experience tidak mempunyai pengaruh terhadap Brand Loyalty. Penelitian ini menyarankan agar perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan Perceived Value dan Brand Trust pengguna Spotify Premium untuk mendapatkan Brand Loyalty.
Kata Kunci: Perceived Value, Brand Experience, Brand Trust, Brand Loyalty, Spotify Premium
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.