Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pengusaha Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Mengajukan Pembiayaan di Bank Syariah Kota Malang

Iqbal Aulia Hakim

Abstract


Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh reputasi, pelayanan, product knowledge, tingkat kesesuaian hukum syariah dan tingkat pengembalian hasil terhadap minat mengajukan pembiayaan di bank syariah. Metode pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari lapangan melalui kuisioner dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan sampel 100 responden pelaku usaha mikro, kecil dan menengah Kota Malang. Data diuji menggunakan uji analisis Partial Least Square (PLS) yang dilakukan menggunakan program SmartPLS 3.0. Tujuan dari penggunaan Partial Least Square (PLS) yaitu untuk melakukan prediksi hubungan antar konstruk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel reputasi (X1), pelayanan (X2), dan product knowledge (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menggunakan pembiayaan di bank syariah (Y), sedangkan tingkat kesesuaian hukum syariah (X4) dan tingkat pengembalian hasil (X5) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat menggunakan pembiayaan di bank syariah (Y).

Kata kunci: UMKM, reputasi, pelayanan, product knowledge, tingkan kesesuaian hukum syariah, tingkat pengembalian hasil, dan minat mengajukan pembiayaan bank syariah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.