SISTEM E-FILING SEBAGAI SARANA PELAPORAN SURAT PEMBERITAHUAN (SPT) TAHUNAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI: DETERMINAN MINAT KEPRILAKUAN PENDEKATAN TAM DAN UTAUT (STUDI KASUS KPP PRATAMA TABANAN)

Putu Cynthia Putri Astina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji determinan minat keperilakuan dari seorang wajib pajak untuk menggunakan sistem e-filing dalam pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan yang di moderasi oleh faktor usia. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat keprilakuan dalam penelitian ini adalah persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, faktor sosial, dan kondidi yang memfasilitasi. Penelitian ini didasarkan pada pendekatan model Technology Acceptance Model (TAM) serta sebagian konstruk dari model teori Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology (UTAUT). Sampel penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Tabanan yang telah menggunakan sistem e-filing dalam pemenuhan kewajiban perpajakkannya. Data dikumpulkan dengan metode survei dimana pengambilam sampelnya menggunakan non-probability sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin. Sebanyak 397 data diolah menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi WarpPLS. Hasil penelitian ini adalah konstruk persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, faktor sosial, dan kondisi yang memfasilitasi berpengaruh positif terhadap minat penggunaan sistem e-filing. Selain itu penelitian ini juga memunjukkan bahwa faktor usia dapat memperkuat pengaruh konstruk persepsi kemudahan penggunaan, faktor sosial, dan kondisi yang memfasilitasi terhadap minat keprilakukan untuk menggunakan sistem e-filing akan tetapi faktor usia tidak dapat memoderasi hubungan konstruk persepsi kegunaan terhadap minat keprilakuan untuk menggunakan sistem e-filing. Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) ataupun praktisi yang mengalami kendala dalam mensosialisasikan sistem e-filing kepada wajib pajak dapat mempertimbangkan faktor-faktor persepsi kegunaan, ekspektasi usaha, faktor sosial, dan fasilitas yang mendukung.

Kata Kunci: Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Faktor Sosial, Kondisi yang Memfasilitasi, Usia, TAM, UTAUT, E-filing.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.