PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, PERSEPSI KEPERCAYAAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN KEMBALI SHOPEEPAY DI KOTA MALANG SAAT PANDEMI COVID19

Muhammad Nuril Falah

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak akhir tahun 2019 telah mengubah tatanan kehidupan, salah satunya dalam kegiatan transaksi. Transaksi yang umumnya menggunakan uang tunai, kini perlahan berubah menggunakan e-wallet, yaitu alat pembayaran non tunai digital. Kota Malang merupakan salah satu kota di Indonesia yang mengalami peningkatan penggunaan e-wallet selama pandemi. Sedangkan ShopeePay merupakan merk e-wallet yang paling banyak digunakan di Indonesia. Beberapa faktor yang dipertimbangkan pengguna sebelum menggunakan e-wallet antara lain kemudahan, keamanan, dan sistem jaringan yang memadai. Berbeda dengan e-money, penggunaan ewallet di masa pandemi dianggap mampu mengurangi risiko penularan virus karena tidak memerlukan kontak fisik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari variabel persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan persepsi risiko terhadap minat menggunakan kembali ShopeePay di Kota Malang saat Pandemi Covid19. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna ShopeePay di Kota Malang saat pandemi Covid-19. Sampel yang digunakan sebanyak 150 sampel yang diperoleh dengan teknik purposive sampling dengan karakteristik responden yang menggunakan e-wallet ShopeePay selama pandemi Covid-19 di Kota Malang. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala likert yang kemudian diuji menggunakan analisis regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan persepsi risiko berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap minat menggunakan kembali ShopeePay di Kota Malang saat pandemi Covid-19.

Kata kunci: TAM, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Risiko, e-Wallet Minat Menggunakan Kembali, ShopeePay, Pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.