Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Merek Sepeda Motor Honda (Studi Pada Mahasiswa Strata-1 Universitas Brawijaya Malang)

Properma Ray Putra

Abstract


Penenelitian ini bertujuan 1) Menemukan bukti empiris pengaruh simultan faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, dan sikap terhadap keputusan pembelian merek sepeda motor Honda. 2) Menemukan bukti empiris pengaruh parsial faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, dan sikap) terhadap keputusan pembelian merek sepeda motor Honda. 3) Menemukan bukti empiris pengaruh dominan faktor psikologis terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda.

Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.  Populasi dalam penelitian ini yaitu populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Jumlah sampel yang diambil dari populasi ditentukan sebesar 5-10 kali jumlah variabel yang digunakan dalam desain analisis (Hair et al, 1998). Karena dalam penelitian digunakan sebanyak 5 variabel, jumlah pengambilan sampel sekurang-kurangnya adalah sebanyak 50 responden (10 x 5 variabel) sehingga dalam penelitian ini jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan maka maka dapat diambil kesimpulan bahwa faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, dan sikap secara) secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pemilihan merek sepeda motor Honda. Faktor psikologis (motivasi, persepsi, pembelajaran, gaya hidup, dan sikap) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pemilihan merek sepeda motor Honda. Motivasi berpengaruh dominan terhadap keputusan pemilihan merek sepeda motor Honda.

 

 

Kata Kunci: Faktor Psikologis dan Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.