PENGARUH INFLASI, INKLUSI KEUANGAN, DAN MARKET SHARE PERBANKAN TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN DI INDONESIA
Abstract
Perbankan merupakan lembaga keuangan dengan aset terbesar di Indonesia. Pemerintah berusaha agar perbankan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inflasi, inklusi keuangan, dan market share perbankan terhadap profitabilitas perbankan di Indonesia periode tahun 2011-2020. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan data time series triwulan. Hasil dalam penelitian ini adalah inklusi keuangan berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas bank. Perbankan diharapkan dapat mengantisipasi kenaikan tingkat inklusi keuangan dengan meningkatkan kualitas layanan tanpa harus menambah biaya transaksi dan beban operasional. Inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas bank, namun perbankan tetap harus waspada karena inflasi dapat mempengaruhi perekonomian suatu negara. Perbankan di Indonesia masuk dalam jenis pasar oligopoli dengan dengan market share pasar 45,06%. Harga telah ditentukan oleh pasar, sehingga bank tidak dapat bersaing dengan harga. Inovasi, efisiensi, kepercayaan nasabah dan faktor diluar harga lah yang berpengaruh terhadap perbankan. Oleh sebab itu konsentrasi pasar tidak memiliki pengaruh terhadap profitabilitas perbankan
Kata kunci: Inflasi, Inklusi Keuangan, Market Share, Profitabilitas Bank, IFI, CR4, ROA
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.