PENGARUH SISTEM PEMASARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PENGETAHUAN PRODUK TERHADAP MINAT ANGGOTA KOPERASI PADA PRODUK SIMPANAN WADI'AH (STUDI PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH SWADAYA PRIBUMI KLAPANUNGGAL)

Luthfi Nur Syifa'

Abstract


Kehadiran koperasi syariah di tengah-tengah lembaga keuangan konvensional menjadi solusi dalam melakukan sistem perbankan alternatif bagi umat Islam yang membutuhkan atau ingin memperoleh layanan jasa perbankan tanpa harus melanggar larangan riba. Riba adalah pengambilan tambahan dalam suatu simpanan transaksi tertentu dimana pengambilan tambahan tersebut tanpa disertai imbangan tertentu. Pada penelitian ini berfokus dalam melihat bagaimana pengaruh sistem pemasaran, kualitas pelayanan, dan pengetahuan produk terhadap minat anggota koperasi pada produk simpanan wadi'ah di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Swadaya Pribumi Klapanunggal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis logistik, sumber data pada penelitian ini sendiri bersumber dari data primer yaitu kuesioner yang disebar pada 350 sample penelitian yang merupakan anggota KSPPS Swadaya Pribumi klapanunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, dan pengetahuan produk berpengaruh secara parsial terhadap minat anggota koperasi pada produk simpanan wadi'ah dan secara simultan kualitas pelayanan, dan pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap minat anggota koperasi pada produk simpanan wadi'ah.

Kata kunci: Koperasi Syariah, Simpanan Wadi'ah, Minat Anggota


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.