Pengaruh Perceived Brand Globalness terhadap Consumers’ Willingness to Pay yang dimediasi oleh Brand Stereotype (Studi pada Pengguna Produk Merek Apple di Kota Malang)

Rizhelta Alessa Salasah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Brand Globalness, Brand Stereotype terhadap Consumers’ Willingness to Pay pada pengguna produk merek Apple di Kota Malang baik secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan kedudukan setiap variabel melalui pengujian hipotesis dan dengan menggunakan metode kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 120 orang diambil dari populasi pengguna yang telah memiliki produk merek Apple. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan karakteristik pengguna minimal 17 tahun, berdomisili di Kota Malang dan memiliki minimal satu perangkat elektronik merek Apple jenis apapun. Pengolahan data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Pengujian hipotesis menggunakan sistem bootstrapping untuk mengetahui nilai T-Statistics dan P-Values. Hasil penelitian menunjukkan secara langsung (1) Perceived Brand Globalness berpengaruh signifikan terhadap Brand Stereotype dan (2) Brand Stereotype berpengaruh signifikan terhadap Consumers’ Willingness to Pay. Di sisi lain, (3) Perceived Brand Globalness berpengaruh tidak signifikan terhadap Consumers’ Willingness to Pay, akan tetapi secara tidak langsung, (4) Perceived Brand Globalness berpengaruh signifikan terhadap Consumers’ Willingness to Pay melalui Brand Stereotype sebagai variabel mediasi.

Kata Kunci: Perceived Brand Globalness, Consumers’ Willingness to Pay, Brand Stereotype


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.