PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ONLINE CLOTHING PADA UMKM POTORETO.ID

Muhammad Rafshandzani Menggala Putra

Abstract


Potoreto.id merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang pakaian online yang berasal dari kota Malang dengan produk t-shirt dan totebag untuk saat ini. Selama berjalan kurang lebih dua tahun, penjualan atas produk yang di tawarkan Potoreto.id masih sangat tidak stabil. Kurangnya perencanaan yang matang serta pengalaman yang masih sangat minim dalam bisnis online menjadi penyebab utama atas ketidakstabilan yang dialami. Permasalahan tersebut melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yaitu dengan tujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal pada Potoreto.id, melakukan formulasi strategi, hingga menciptakan keputusan strategi yang tepat guna pengembangan usaha. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan yakni data primer yang di dapat dari wawancara dan data sekunder berupa jurnal, dokumen dan lainnya. Adapun alat analisis yang digunakan Potoreto.id yaitu Matriks IFE-EFE, SWOT, IE, dan Matriks QSPM. Melihat dari hasil analisis akhir yang dilakukan menunjukan bahwa strategi yang ideal untuk digunakan Potoreto.id adalah strategi pengembangan pasar, yaitu upaya untuk meningkatkan penjualan dengan memaksimalkan pemasaran yang lebih luas.

Kata kunci: fashion, strategi, analisis, matriks, strategi pengembangan pasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.