ANALISIS PERUMUSAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM KULINER BAKSO KARANGAN

Audy Rahmat Dian Kartika

Abstract


Persaingan usaha kuliner di Indonesia semakin ketat, tak terkecuali di Kabupaten Trenggalek. Banyak usaha kuliner yang bermunculan baik dari usaha skala besar maupun UMKM yang mendasari pentingnya perumusan strategi pengembangan bisnis bagi setiap usaha kuliner untuk menjaga keberlangsungan usaha agar dapat bersaing dengan banyaknya pesaing yang ada. Bakso Karangan merupakan salah satu UMKM kuliner di Kabupaten Trenggalek dengan sajian bakso sebagai produk utama. Selama satu tahun lebih usaha berjalan, penjualan atas produk yang ditawarkan Bakso Karangan masih tidak stabil. Kurangnya perencanaan serta belum optimalnya pemasaran yang dilakukan menjadi penyebab utama atas ketidakstabilan penjualan tersebut. Kondisi tersebut melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini yakni dengan tujuan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal di Bakso Karangan, melakukan formulasi strategi, hingga menghasilkan keputusan strategi yang tepat guna pengembangan usaha. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen, jurnal dan sebagainya. Alat analisis yang digunakan yaitu Matriks IFE-EFE, SWOT, IE, serta Matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil analisis akhir, strategi yang paling tepat untuk digunakan Bakso Karangan adalah strategi penetrasi pasar, yaitu upaya peningkatan pangsa pasar melalui usaha pemasaran yang lebih besar.

Kata kunci: kuliner, strategi, pengembangan usaha, strategi penetrasi pasar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.