ANALISIS PENGARUH PDRB SEKTOR PERTANIAN, SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN, SEKTOR TRANSPORTASI DAN PERGUDANGAN TERHADAP KUALITAS LINGKUNGAN HIDUP TAHUN 2012-2017 (STUDI KASUS 33 PROVINSI DI INDONESIA)

Hilda Mediana

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh PDRB sektor pertanian, PDRB sektor industry pengolahan, PDRB sektor transportasi dan pergudangan terhadap kualitas lingkungan hidup di Indonesia tahun 2012-2017. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik dan Kementerian Lingkungan Hidup. Motode yang digunakan pada penelitin ini adalah metode regresi data panel dengan model fixed effect yang menggunakan alat bantu eviews 9. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, ditemukan bahwa variable PDRB sektor pertanian dan sektor industry pengolahan berpengaruh positif serta signifikan. Sementara sektor transportasi dan pergudangan berpengaruh negative serta signifikan terhadap kualitas lingkungan hidup.

Kata kunci : PDRB sektor Pertanian, PDRB sektor Industri Pengolahan, PDRB sektor Transportasi dan pergudangan, Lingkungan Hidup


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.