MINAT KONSUMEN PADA PENGGUNAAN ZILINGO BERDASARKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY 2
Abstract
E-commerce pada saat ini memiliki pertumbuhan yang sangat pesat, didukung dengan perkembangan teknologi internet yang semakin baik. Ecommerce seperti Zilingo dapat mempermudah dalam proses jual beli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji minat konsumen pada penggunaan aplikasi Zilingo terhadap penggunannya berdasarkan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan datanya dikumpulkan menggunakan metode survei, yaitu dengan kuesioner. Data penelitian dianalisis menggunakan Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 175 orang pengguna yang pernah menggunakan Zilingo di Kota Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa konstruk pengaruh sosial (social influence), kondisi fasilitas (facilitating conditions), motivasi hedonis (hedonic motivation), nilai harga (price/value), dan kebiasaan (habit) memiliki pengaruh signifikan terhadap niat prilaku (behavioral intention), dan ekspektasi usaha (effort expectancy) memiliki pengaruh ysng paling besar dibandingkan dengan variabel yang lain. Namun variabel ekspektasi kinerja (performance expectancy) tidak terbukti mempengaruhi minat minat seseorang untuk menggunakan Zilingo.
Kata Kunci: Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence, Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value, Habit, Behavioral Intention, UTAUT2, Zilingo.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.