FAKTOR PENGGUNAAN LAYANAN E-FILING SPT TAHUNAN 1770 SS OLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI MELALUI PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) (studi pada karyawan indomaret di jawa timur)

Rendra Sa`af Adha Nugraha

Abstract


Penggunaan layanan e-filing di Indonesia masih fluktuatif sedangkan penerimaan pajak yang optimal ditandai dengan kepatuhan wajib pajak dalam melaporkan SPT . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor faktor yang memengaruhi sikap wajib pajak untuk menggunakan e-filing. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Objek penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi yang berprofesi sebagai pegawai indomaret di Jawa Timur. Data Sampel penelitian berjumlah 70 responden yang didistribusikan dengan menggunakan metode purposive sampling. Model evaluasi yang digunakan adalah model pengukuran (outer model) dan model structural (inner model) dengan menggunakan software yang dipakai adalah Partial Least Square (PLS) 3.0. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukan bahwa persepsi kemudahan untuk menggunakan e-filing, persepsi kegunaan untuk menggunakan e-filing berpengaruh terhadap sikap untuk menggunakan e-filing dan berpengaruh terhadap penggunaan e-filing, serta persepsi kemudahan untuk menggunakan e-filing, persepsi kegunaan untuk menggunakan e-filing memiliki pengaruh tidak langsung terhadap penggunaan e-filing dimoderasi dengan sikap untuk menggunakan e-filing.

Kata kunci: Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Sikap Untuk Menggunakan, Penggunaan, e-filing, Technology Acceptance Model (TAM), Partial Least Square (PLS) 3.0.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.