PENGARUH DIFUSSION OF INNOVATION, PERCEIVED USEFULNESS DAN LIFESTYLE TERHADAP INTENTION TO USE (STUDI PADA PENGGUNA APLIKASI OVO DI MALANG)

Muhammad Faisyal Agustiawan

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh diffusion of innovation, perceived usefulness, dan lifestyle terhadap intention to use pengguna aplikasi OVO di Malang. OVO adalah sebuah layanan keuangan digital berupa aplikasi smart yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi (OVO Cash) dan juga kesempatan untuk mengumpulkan point di berbagai merchant (OVO Points). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan dan pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden dengan penyebaran kuesioner online. Sampel terdiri dari responden berusia lebih atau sama dengan 17 tahun yang menggunakan atau pernah menggunakan aplikasi OVO. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS 22.0. Berdasarkan hasil pengujian terhadap ketiga hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) variabel diffusion of innovation memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel intention to use, (2) variabel perceived usefulness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel intention to use, dan (3) variabel lifestyle memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel intention to use.

Kata Kunci: Diffusion of Innovation, Intention to Use, Lifestyle, Perceived Usefulness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.