ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KENDALA DI DALAM PENYELENGGARAAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL BIDANG KESEHATAN DI UPT PUSKESMAS PALENGAAN PADA DINAS KESEHATAN KABUPATEN PAMEKASAN

Aan Subekti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kendala penyelenggaraan pelayanan dasar kesehatan dengan ukuran pencapaian target SPM kesehatan yang dilaksanakan oleh unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM) kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan. SPM merupakan ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar yang merupakan urusan Pemerintah wajib yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal. SPM ini berorientasi pada perwujudan kesejahteraan masyarakat sebagai salah satu tujuan didirikannya Negara. Objek penelitian ini adalah penyelenggaraan pelayanan dasar pada Standar Pelayanan Minimal bidang kesehatan yang dilaksanakan oleh unit pelaksana teknis (UPT) Puskesmas Palengaan pada Dinas kesehatan Kabupaten Pamekasan. Dalam penelitian ini menggunakan metode penulisan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis penelitian ini menggunakan konsep dari Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kekurangan Sumber Daya Manusia, banyaknya tugas rangkap pada Puskesmas, masyarakat yang tertutup, hubungan lintas sektor yang tidak optimal, dan keterbatasan anggaran menjadi kendala di dalam proses pelayanan kesehatan.

Kata kunci: SPM, Pelayanan Kesehatan, Sumber daya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.