ANALISIS PENGARUH PROMOSI DIGITAL, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN BERBELANJA MELALUI LOKAPASAR (MARKETPLACE) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Y DIMODERASI DENGAN VARIABEL RELIGIUSITAS

Haritsa Hasyira Cahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi digital, kepercayaan, dan kemudahan berbelanja melalui lokapasar (marketplace) terhadap perilaku konsumtif generasi Y yang dimoderasi dengan variabel religiusitas, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif asosiatif yang menganalisis data berupa angka guna menghasilkan penemuan dan mencari hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 120 sampel yang dikumpulkan menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik penduduk Muslim Jawa Barat dan berada pada rentang usia 20 sampai 40 tahun. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda, dengan pengukuran moderasi menggunakan selisih nilai mutlak, ditemukan bahwa variabel promosi digital, kepercayaan, dan kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku konsumtif sebesar 26 persen, 41 persen, dan 28 persen secara berurutan. Ditemukan juga bahwa variabel religiusitas tidak memoderasi pengaruh promosi digital dan kepercayaan terhadap perilaku konsumtif. Namun, variabel religiusitas memoderasi pengaruh kemudahan terhadap perilaku konsumtif sebesar 18 persen dan diidentifikasi sebagai quasi moderasi.

Kata kunci: promosi digital, kepercayaan, kemudahan, perilaku konsumtif, lokapasar (marketplace), generasi Y.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.