ANALISIS MODEL BISNIS OMAH SAJI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BISNIS KANVAS

Vanya Rifqa Madania

Abstract


Persaingan usaha kuliner di Indonesia semakin hari semakin ketat, hal itu terjadi di Indonesia dan juga di Kota Malang. Pesatnya permunculan usaha kuliner baru dari mulai skala besar hingga skala mikro, mendasari pentingnya perumusan model bisnis pengembangan bisnis bagi setiap usaha kuliner untuk menjaga keberlangsungan usaha agar dapat bersaing dengan banyaknya pesaing yang ada. Omah Saji merupakan salah satu UMKM kuliner di Kota Malang dengan produk empal gepuk daging sapi dan stik kentang keju. Selama 1 tahun bisnis berjalan, penjualan atas produk Omah Saji bisa dibilang masih tidak stabil. Minimnya perencanaan serta kurangnya pemasaran yang dilakukan menjadi penyebab utama atas ketidakstabilan penjualan tersebut. Kondisi tersebut melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini, dengan tujuan mengidentifikasi faktor-faktor di Omah Saji, melakukan formulasi model bisnis, hingga menghasilkan keputusan model bisnis yang tepat guna pengembangan usaha. Pembuatan Model Bisnis Kanvas yang di desain dengan membuat 9 blok bangun untuk mengetahui kinerja perusahaan lebih jelas. Jenis penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder berupa dokumen dan jurnal. Alat analisis yang digunakan yaitu Kanvas Model Bisnis. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model Bisnis Kanvas yang baru menghasilkan model bisnis yang lebih terperinci dan dapat lebih berpotensi menjangkau pasar yang lebih luas. Model bisnis yang dirumuskan lebih memerhatikan permasalahan pelanggan dan dari permasalahan tersebut ditawarkan solusi yang sesuai.

Kata kunci : kuliner, model bisnis, Model Bisnis Kanvas, pengembangan usaha.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.