ANALISIS STRATEGI BISNIS SEBAGAI PENGEMBANGAN USAHA PADA USAHA MIMIKO

Ferren Chintya Monetera

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis kondisi internal dan eksternal, merumuskan strategi, serta mementukan prioritas strategi pada usaha Mimiko. Strategi pengembangan bisnis di analisis menggunkan matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunities, and Threats), matriks IFE (Internal Factor Evaluation), matriks EFE (External Factor Evaluation), dan matriks IE (Internal-External), serta matriks QSPM (Quantitive Strategic Planning Method) sebagai tahap keputusan memperoleh stategi yang paling relevan digunakan. Hasil penelitian menunjukan terdapat 9 kekuatan dan 10 kelemahan, 10 peluang dan 8 ancaman dalam usaha Mimiko. Perolehan nilai dalam analisis matriks IFE (Internal Factor Evaluation) adalah 2,18 dan matriks EFE (External Factor Evaluation) adalah 2,56. Hasil nilai tersebut menunjukan perpotongan sumbu kuadran V pada matriks IE (Internal External). Berdasarkan posisi kuadran V pada matriks IE maka strategi yang dapat digunakan adalah strategi penetrasi pasar dan strategi pengembangan produk. Berdasarkan analisis matriks QSPM (Quantitive Strategic Planning Method) maka dihasilkan prioritas strategi yang relevan digunakan saat ini yaitu strategi pengembangan produk.

Kata kunci: Strategi bisnis, IFE, EFE, SWOT, IE, QSPM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.