ANALISIS PENGARUH TEORI FRAUD PENTAGON DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN DARING
Abstract
Kecurangan akademik adalah suatu tindakan yang dilakukan dengan tidak jujur dalam memperoleh pencapaian dalam bidang akademik. Kecurangan akademik juga bisa terjadi pada pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teori fraud pentagon yaitu tekanan, kesempatan, rasionalisasi, kemampuan, dan arogansi serta efikasi diri terhadap kecurangan akademik mahasiswa pada pembelajaran daring. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Penelitian ini menggunakan metode survei dan teknik convenience sampling. Model regresi penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tekanan, kesempatan, dan kemampuan berpengaruh terhadap kecurangan akademik mahasiswa pada pembelajaran daring. Sedangkan faktor rasionalisasi, arogansi, dan efikasi diri tidak berpengaruh terhadap kecurangan akademik mahasiswa pada pembelajaran daring.
Kata kunci : Kecurangan Akademik, Fraud Pentagon, Efikasi Diri
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.