PENGARUH KUALITAS AUDIT, PERGANTIAN MANAJEMEN, UKURAN PERUSAHAAN, AUDIT FEE DAN RETURN ON ASSETS TERHADAP PERGANTIAN AUDITOR PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2017-2019

Olivia Elisabeth Silaban

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan manufaktur di Indonesia melakukan pergantian auditor. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas audit, pergantian manajemen, ukuran perusahaan, audit fee, ROA dan pergantian auditor. Penelitian ini menggunakan data laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2019. Populasi penelitian meliputi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling kemudian diperoleh 93 perusahaan yang memenuhi kriteria. Berdasarkan sampel tersebut dilakukan analisis data dengan regresi logistik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap pergantian auditor adalah kualiatas audit, pergantian manajemen, audit fee, return on assets, dan ukuran perusahaa tidak berpengaruh terhadap keputusan perusahaan untuk melakukan pergantian auditor.

Kata kunci: pergantian auditor, kualitas audit, pergantian manajemen, ukuran perusahaan, audit fee, return on assets


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.