IMPLEMENTASI METODE DESIGN THINKING DALAM INOVASI PENGEMBANGAN PRODUK KEBAYA MODERN

Silvia Ika Ratnasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membangun inovasi pengembangan produk kebaya dengam implementasi Design Thinking pada perusahaan Royal Bliss di Blitar. Pada penelitian ini terdapat lima fase yaitu definition, Research, Interpretation, Ideation, dan Prototyping. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Metode penelitian adalah analisa deskriptif kualitatif dengan pendekatan Design Thinking. Dari hasil analisa Design Thinking, informan pengguna menginginkan produk kebaya dengan konsep modifikasi kebaya modern klasik. Design inovasinya adalah kebaya gamis pesta modern 2in1 dengan warna yang soft cream sebagai dress dan tile border payet untuk bagian outer dengan model kutubaru, dengan kombinasi ikat pinggang lengkap dengan aksen mutiara, untuk menambahkan kesan elegan pada pakaian. Setelah pelanggan merespon positif dan menyetujui hasil prototype, selanjutnya perusahaan dapat memproduksi pakaian secara ready to wear. Dari semua proses yang telah dilakukan, perusahaan mendapatkan nilai getting the job done karena mampu menyelesaikan tantangan pada pengguna melalui produk yang dibangun berdasarkan metode Design Thinking.

Kata kunci : Design Thinking, design, kebaya, inovasi, pengembangan produk.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.