PENGARUH DESTINATION IMAGE, TRAVEL MOTIVATION, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN (STUDI KASUS PADA WISATAWAN NUSANTARA MUSLIM DI DESA WISATA HALAL SETANGGOR LOMBOK TENGAH)

Hadi Zamzuri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh destination image, travel motivation, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan wisatawan. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wisatawan dengan usia 17 tahun ke atas sedang berkunjung ke Desa Wisata Halal Setanggor Lombok Tengah. Sebanyak 70 data berhasil dikumpulkan menggunakan teknik pendekatan accidental sampling, dimana pendekatan tersebut memilih siapa saja anggota populasi yang secara tidak sengaja bertemu dan cocok sebagai responden. Data yang digunakan merupakan data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden yang berkunjung ke Desa Setanggor. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data Partial Least Square (PLS). Hasil pengujian menunjukkan bahwa Destination image berpengaruh positif terhadap kepuasan, travel motivation tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan, dan Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan.

Kata kunci : kualitas pelayanan, destination image, travel motivation, kepuasan pengunjung, Partial Least Square (PLS)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.