ANALISIS PERMINTAAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DI KOTA MALANG

Reekha Muntaza Oktavera

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku konsumen produk DKV berdasarkan faktor permintaan produk DKV dan berdasarkan faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis yang dapat menentukan permintaan produk DKV di Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian statistik deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah klien klien desainer grafis Kota Malang. Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari responden yang telah mengisi kuesioner. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden yang dihitung dengan menggunakan Rumus Lemeshow. Alat yang digunakan untuk penelitian yaitu Analisis Statistik Deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permintaan produk DKV cenderung ditentukan oleh faktor-faktor permintaan produk DKV yaitu tarif jasa desain, aplikasi mobile desain grafis, aplikasi desain grafis di PC, dan promosi. Sementara karakteristik klien DKV dapat diketahui dari analisis perilaku konsumen yang melibatkan faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologis sehingga dapat membantu pelaku industri desain komunikasi visual (DKV) dalam memahami kebutuhan konsumen yang hendak disasar dan meningkatkan kualitas pelayanannya.

Kata Kunci: Permintaan, Perilaku Konsumen, Desain Komunikasi Visual


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.