PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (STUDI PADA DEA CAKE AND BAKERY)

Pradana Nur Rahmanto, Mintarti Rahayu

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) merupakan salah satu bagian terpenting dari perekonomian suatu negara, tidak terkecuali Indonesia. Industri makanan merupakan bidang usaha UKM yang paling berkembang di Malang. Salah satu industri usaha kecil dan menengah (UKM) makanan di bidang kue dan roti yang berkembang cepat adalah Dea cake and bakery. Untuk bersaing, perusahaan harus mempunyai strategi bersaing Perusahaan harus mampu merumuskan strategi terperinci yang disusun dengan baik. Hal ini menarik untuk diteliti, diamati, dan dikaji bagaimana perumusan strategi bisnis yang menghasilkan daya saing yang bagus terhadap kompetitornya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan perumusan strategi bisnis berdasarkan  analisis sebelumnya.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif eksplanatif. Lokasi pengambilan data penelitian ini adalah di salah satu outlet Dea cake and bakery yang berlokasi di Jl. Danau Toba (Ruko Sawojajar) E-07, Kelurahan Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Berdasarkan sumbernya, data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis konten atau analisis isi, dan matriks sebagai instrumen. Matriks yang digunakan dalam analisis data ini adalah matriks External Factor Evaluation (EFE), Internal Factor Evaluation (IFE), Strengths-Weaknesses-Opportunities-Threats (SWOT), Grand Strategy, dan Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). teknik triangulasi sebagai uji konsistensi sumber terhadap data. Strategi yang tepat untuk diterapkan pada pengembangan Dea cake and bakery adalah Strategi Penetrasi Pasar. Strategi penetrasi pasar merupakan suatu strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan untuk meningkatkan penjualannya atas produk dan pasar yang telah tersedia melalui usaha-usaha pemasaran yang lebih agresif.

Kata kunci : Usaha Kecil dan Menengah, Strategi, Perumusan Strategi, Dea cake and bakery

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.