PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPRIBADIAN MAHASISWA TERHADAP PEMAHAMAN MATA KULIAH AUDITING (STUDI KASUS PADA MAHASISWA AKTIF S1 JURUSAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

Ariski Syifa S

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh kecerdasan emosional dan kepribadian terhadap pemahaman mata kuliah auditing. Objek penelitian ini merupakan mahasiswa aktif Strata Satu (S1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang yang telah melewati dan lulus pada mata kuliah auditing I dan auditing II. Penelitian ini menentukan sampel dengan jenis random sampling dan teknik pengumpulan data melalui survei dengan instrument kuesioner yang dibagikan secara daring terhadap para responden. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 responden. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS ver 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional tidak memberikan berpengaruh terhadap pemahaman mata kuliah auditing, sedangkan variabel kepribadian memberikan pengaruh terhadap pemahaman mata kuliah auditing.

Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kepribadian, Pemahaman Mata Kuliah Auditing


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.