PENGARUH KUALITAS LAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA RESTORAN PIZZA HUT DI KOTA TANJUNGPINANG KEPULAUAN RIAU

Josua Hary Sakti

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi persaingan bisnis antar perusahaan yang semakin kuat mengikuti trend. Dalam bisnis tersebut khususnya di bidang kuliner berkembang cukup pesat yaitu restaurant cepat saji. Bertujuan untuk menguji pengaruh dari variabel kualitas layanan, kualitas produk dan citra perusahaan terhadap loyalitas konsumen pada Restoran Pizza Hut Tanjungpinang. Jenis penelitian ini yaitu explanatory dengan menggunakan metode kuantitatif dan untuk teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan jenis purpose sampling. Selain itu metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi serta survei literatur, pada kuesioner digunakan skala likert untuk mengukur nilai item pada variabel. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden yang dimana responden tersebut sudah mengenal Pizza Hut di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau minimal 6 bulan, dan menggunakan SPSS versi 24.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan, kualitas produk dan citra perusahaan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pada uji t diperoleh hasil semua variabel independen berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap loyalitas konsumen, tetapi variabel yang dominan berpengaruh terhadap purchase intention adalah brand image. Pada penelitian ini juga diketahui bahwa koefisien determinasi (R2) sebesar 0.482 yang artinya 48.2% loyalitas konsumen dipengaruhi oleh variabel kualitas layanan, kualitas produk, dan citra perusahaan. Sedangkan sisanya 51.8% akan dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.

Kata Kunci : Kualitas layanan, Kualitas Produk, Citra Perusahaan, Loyalitas Konsumen


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.