PENGARUH SALES PROMOTION DAN ONLINE REVIEW TERHADAP REPURCHASE INTENTION SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA PENGGUNA APLIKASI BELANJA ONLINE SHOPEE

Pempy Emita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion dan online review terhadap repurchase intention selama masa pandemi Covid-19 pada pengguna aplikasi belanja online Shopee. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yaitu menjelaskan hubungan antar variabel dengan melakukan pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 responden dimana penyebaran kuisioner dilakukan secara online. Penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Kriteria responden dari penelitian ini adalah masyarakat Indonesia yang berusia 17-45 tahun, memiliki aplikasi Shopee, selama pandemi telah berbelanja di Shopee minimal 5 kali dan memiliki minat melakukan transaksi ulang di Shopee. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan SPSS ver. 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sales promotion memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna aplikasi belanja online Shopee selama masa pandemi Covid-19. Sedangkan online review juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention pada pengguna aplikasi belanja online Shopee selama masa pandemi Covid 19.

Kata kunci: Sales Promotion, Online Review, Repurchase Intention.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.