PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP MINAT BELI PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PADA MAHASISWA DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA)

Muhammad Aldi Widiarto

Abstract


Potensi besar industri marketplace di Indonesia dipengaruhi oleh gaya belanja online generasi muda yang konsumtif. Salah satu aspek yang mempengaruhi gaya belanja generasi muda adalah ekuitas merek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek terhadap minat beli pada Marketplace Shopee. Ekuitas Merek itu sendiri terdiri dari kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas. Hasil dari penelitian ini akan menunjukkan bagaimana ekuitas merek mempengaruhi minat beli pelanggan secara kesuluruhan dan bagaimana tiap-tiap komponen mempengaruhi minat beli pelanggan. Metode untuk menarik sampel pada penelitian purposive sampling dengan responden sebanyak 150 orang. Teknik analisa pada penelitian ini adalah regresi linear berganda, yang bisa menunjukka seberapa signifikan minat beli pelanggan dipengaruhi ekuitas merek baik keseluruhan atau tiap-tiap elemen. Alat analisis data yang digunakan adalah IBM SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan ekuitas merek secara keseluruhan mempengaruhi minat beli konsumen. Secara individual, kesadaran merek dan persepsi kualitas merupakan variabel yang secara signifikan mempengaruhi minat beli pelanggan.

Kata Kunci: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas, Asosiasi Merek, Minat Beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.