PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN YANG DIRASAKAN DAN MANFAAT YANGDIRASAKAN TERHADAP NIAT BELI ULANG DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA E-COMMERCE SOCIOLLA (STUDI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG)

Dimas Megarani Putri Amunawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengaruh kemudahan penggunaan yang dirasakan dan manfaat yang dirasakan terhadap niat beli ulang dengan kepuasan konsumen sebagai variabel mediasi pada pengguna e-commerce sociolla di kalangan mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan atau membuktikan hubungan atau pengaruh antar variabel independen, dependen dan mediator. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden, dimana penyebaran kuesioner dilaksanakan secara online. Pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel terdiri dari responden yang merupakan mahasiswa aktif Universitas Brawijaya Malang yang pernah menggunakan e-commerce sociolla dan membeli ulang produknya. Analisis data menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda atau analisis jalur dengan menggunakan SPSS ver. 25. Hasil dari penelitian ini adalah kemudahan penggunaan yang dirasakan yang dirasakan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang, kemanfaatan yang dirasakan yang dirasakan berpengaruh, namun tidak signifikan terhadap niat beli ulang, kemudahan penggunaan yang dirasakan yang dirasakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kemanfaatan yang dirasakan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang, kemudahan penggunaan yang dirasakan yang dirasakan secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang, kemanfaatan yang dirasakan secara tidak langsung berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang.

Kata Kunci: Ke mudahan Penggunaan Yang Dirasakan, Kemanfaatan Yang Dirasakan, Kepuasan Pelanggan, Niat Beli Ulang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.